SLOW COOKER - Alat Andalan Membuat MPASI

Dear Cantik, ladies.. mommy bunda dan buk ibuk semuanya..

Ini adalah postingan pertama setelah libur dari ngeblog dan jadi ibu..

Dan saya jadi mau cerita di blog ini.. lama banget ga update dan kayanya sayang kalau saya ga berbagi cerita.
Kali ini ceritanya bukan tentang kosmetik, bukan gamau cerita tapi saya sudah ga banyak update tentang kosmetik.
Di kehamilan anak ke dua sekarang ini, saya jarang beli kosmetik. Intinya saya libur coba cobian kosmetik, bawaan hamil, malas dan alasan aja sih karena uang lebih banyak keluar untuk dandanin anak pertama.. hahaaa

Mungkin, sebagian dari Cantika yang follow intagram saya = @Kindinia (Instagram lebih sering update dari pada media social yang lain). Sudah tau yah, anak pertama saya Hasna Kirana suka sekali makan. Usianya sekarang menginjak 11 bulan dan dari usia 7 bulan Hasna sudah menunjukkan kebiasaan makannya yang lumayan sering.

Jadwal makanya jam 8 pagi (biasanya labu kukus + wortel), jam 2 siang (bubur saring), jam 4 sore ( bisa camilan atau bubur saring ) dan jam 7 malam (bisa camilan atau bubur saring lagi). Pilihan makanannya tergantung apa yang saya buat, kalau saya buat bubur saring dengan porsi banyak dia akan makan bubur saring sehari bisa sampai 3 x.
Kebiasaan makan sering sepertinya keturunan dari ayahnya, memang suami saya makannya sehari bisa sampai 5 kali. Porsi dikit tapi sering dan diselingin oleh cemilan.

Alhamdulillah, sejauh ini Hasna baik baik saja, belum pernah bermasalah dengan lambungnya karena jadwal dan porsi makannya yang seperti itu.. hahaa…

Saat Hasna masuk usia 6 bulan saya baru mulai mencari menu dan cara membuat MPASI, mungkin ibu lain sudah cari info dari sebelum anak memulai MPASI tapi tidak dengan saya karena Hasna baru mulai MPASI bubur saring di usia 7 bulan (hal ini akan saya ceritakan di satu post tertentu).

Nah, karena saya ibu pekerja, wanita karier yang kariernya di posisi itu itu ajah.. bleehhhh.. yang punya cita-cita kalau anak saya kelak (kalau bisa) tidak makan makanan instan dan HARUS MAKANAN BUATAN RUMAH.
Mau ga mau, sebelum berangkat kerja saya harus buat bubur makan untuk Hasna, terbayang saya harus berdiri di depan kompor, aduk-aduk beras biar lunak sampai jadi bubur. Bayangan saya si pasti berasa pegal dan panas, belum  lagi setelah matang harus di saring agar teksturnya lebih lembut dan bisa diterima oleh lambungnya Hasna. Capek kan? atau saya ibu yang lebay? Ah terserah lah, saya paling males kalau pakai cara lama seperti itu.. hahaa.. Lah terus gimana dong??

Saya temukan jawabannya.. hahaa…
Belilah benda pembuat bubur ajaib bernama slow cooker.. sebenarnya slow cooker bukan hanya untuk membuat bubur saja tapi bisa untuk membuat menu lain yang sampai saat ini belum sempat saya cari tau (malas sih sebenarnya) .. pokoknya yang saya tau alat ini dapat membantu meringankan saya dalam membuat MPASI untuk Hasna khususnya membuat bubur.

Produknya seperti ini, ukurannya 0,7 L yah.. ini untuk ukuran yang paling kecil.


Katanya si katanya dari berbagai info yang saya dapat, slow cooker ukuran kecil cukup untuk membuat porsi bubur yang dimakan balita dalam sehari, bisa 2-3 x makan tapi nyatanya beda sama Hasna. Hahaa.. karena Hasna makannya agak banyak jadilah harus dibantu asupan cemilan atau jus buah dalam sehari. Saya lagi pikir-pikir, mau beli lagi yang diatas 1 L biar bisa masak untuk keluarga sekaligus.
Agak nyesel kenapa ga beli yang ukuran besar sekalian.. hahaa

Semua bahan makanan saya potong dadu, kecil-kecil, memang ini kerjaan banget tapi ga masalah buat saya dari pada harus ngaduk bubur di depan kompor.



Setelah semua bahan dimasukkan ke tembikar, tambahkan air hingga sepertiga penuh dan bahan tergenang air. Kemudian nyalakan slow cookernya.
Kalau slow cooker punya saya ini merk Takahi, ukuran  paling kecil tidak menyediakan tombol atau pengatur masaknya tapi kalau yang ukuran diatas ini sih ada. Saya sempat lihat di katalognya.

Jangan lupa ditutup  yah ibu ibu cantik, diamkan selama kurang lebih 4-5 jam. Kalau kelamaan bisa gosong di dalam, gosong ga sepnuhnya tapi akan menimbulkan kerak di tembikarnya.



O iya, karena tutup slow cooker takahi ini terbuat dari kaca dan yang punya saya sudah keburu pecah saat 2 minggu pemakaian, akhirnya disiasati oleh ibu saya menggunakan piring kecil yang tebal.
Alhamdulillah, walau tutupnya diganti slow cookernya masih bisa digunakan. Pesan saya agar lebih berhati-hati dalam membersihkannya, karena partisi slow cooker ini rentan pecah, mulai dari tembikar (alas bubur yang terbuat dari tanah liat) sampai tutup nya juga terbuat dari kaca.

Hasilnya seperti ini :



Ini Hasil dari lauk yang berbeda, kalau seperti lauk diatas saya lupa foto hasilnya.. hahhaa
Foto dibawah ini hasil dari campuran bahan wortel, daging ayam dan beras 5 sendok makan.
Masaknya mulai dari jam 12 malam, saya tinggal tidur, bangun tidur langsung blender deh..
Nanti saya juga akan cerita untuk blender yang saya gunakan untuk membuat MPASI Hasna.

Semoga info ini memmbantu

Selamat membuat MPASI ;)

Comments

Popular Posts