Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Dear Mommys or calon Mommy....

Mungkin, beberapa diantara kalian. Iya kaliannn.. yang sudah dari dulu kenal sama blog saya ini… udah follow entah dari beberapa tahun lalu. Pasti yakin, tau banget banget nget nget kalau blog saya ini isinya yang ulasan kosmetik tapi kali ini tidak… hahahaaa
Karena saya lagi mau bahasa pengalaman hidup saja cyinnn. Hahaa

“Pengalaman hidup?  lo pikir sesi curhat kin?”
Ya engga lahhh… yang pasti berkisar tentang anak yah karena saya sekarang mamak beranak 2. Setidaknya saya sudah dapat pengalaman sama yang namanya melahirkan dan persiapan bayi baru lahir.

So, langsung saja, saya yakin.. diantara kalian, mamak muda, pasti pada bingung mau beliin apa apa saja untuk persiapan bayi baru lahir. Apalagi kalau ini adalah anak pertama.
Yakin seyakin yakinnya kalian bakal haus informasi, kalaupun cari tau, paling ke ibu sendiri dan sekarang udah beda jaman booooookkkkk..
Mama saya dulu masih jaman popok kain, sekarang sudah popok sekali pakai.
(please jangan bilang pampers karena itu merk dagang) – tapi tetep gue tulis juga  ;P

Oke cusss…
Produk yang wajib dibeli :

A. PERLENGKAPAN BAYI BARU LAHIR (USIA 1-3 BULAN)

1.      Kain bedong  (1 s.d 2 lusin)
Kain bedong bukan untuk bedong tapi biasanya buat alas tidur anak, anak saya ga ada yang dibedong kalau mereka dingin yang diselimuti saja.
2.      Perlak (alas ompol bayi)
Walau anak pakai pampers tapi tetap saya butuh perlak, kalau anak gumoh jadi ga kena sprei.
3.      Baju bayi
·         Baju lengan pendek ½ lusin
·         Baju lengan panjang ½ lusin
·         Celana pendek ½ lusin
·         Celana panjang ½ lusin
·         Kaus dalam 1 lusin
·         Topi
·         Sarung tangan & Kaus kaki (kalau anak ga dibedong, harus sedia kaus kaki yang banyak, setidaknya 6 pasang)
·         Jumpsuit yang ada kupluknya ( ini pilihan) saya pakaikan ini kalau mau jalan keluar (biasanya anak usia dibawah 1 bulan)
4.      Gurita (ini pilihan, ada yang masih  pakai ada yang tidak) pengalaman saya atas saran dokter. Saya pakai kaus dalam khusus bayi. Untuk alasan lebih jelasnya silahkan tanyakan ke dok. SPA
5.      Popok kain ( ini juga pilihan) kalau saya pas Hasna pakai popok kain, masih pakai cara lama, ngikut omongan mama, anak baru lahir ga dipakaikan dulu popok sekali pakai. Kalau Zhaf hari pertama sudah saya pakaikan pampers ya, ga mau repot karena ada si kakak yang harus di urus juga. Hahahaa
JADI GIMANA MAU PAKAI POPOK KAIN ATAU YANG LANGSUNG PAKAI BUANG?

6.      Shampo + sabun yang sudah jadi satu (tujuannya biar ga repot), cologne, cream untuk ruam (kalau ga mau repot beli saja yang sudah di jual per 1 set)
7.      No bedak, ini pengalaman saya, anak anak saya tidak ada yang pakai bedak sampai usia 1 tahun dengan alasan alerghi, bubuk bedak juga dapat masuk ke saluran pernapasan.
8.      Selimut bayi, cari yang bahannya lembut dan tidak berbulu.
9.      Kelambu, terserah mau kelambu model tutup saji atau mau kelambu kasur.
10.  Kain kassa, penting untuk membalut tali pusar sebelum puput (jangan pakai koin yah koin itu ga terjammin bersih, Alhamdulillah kk has dan adik Zhaf  sampai puput pusarnya ga ditiban koin dan ga bodong juga)
11.  Kapas bola-bola & cutten bud, multifungsi yang pasti gunanya untuk kebersihan. Bisa untuk bersihkan Pup bayi. Banyaklahhh…
12.  Minyak telon (wajib banget punya) saya kira bayi orang bule sih ga pakai telon tapi saya senang pakai cara lama. Hahhaaa.. udah anak ga dibedong masa ga pakai minyak telon, kasian kan dingin.
13.  Perlengkapan mandi (bak mandi + handuk khusus bayi/handuk yang teksturnya lembut)
14. Tas bayi, terserah mau beli yang model kaya gimana, yang penting yang muat banyak dan  ga telihat bawa buntelan karena kita harus tetap terlihat kece wahai mamak mamak :D
15.  Termos air (kalau bayi konsumsi sufor ini wajib punya)


B.  PERLENGKAPAN BAYI SETELAH 3 BULAN.

  1.      Baju Oblong - Kalau sudah diatas 3 bulan saya lebih rajin membelikan baju, tiap bulan ukuran kaus dalam bertambah besar dan juga baju oblong untuk di rumah, apalagi anak saya tipe yang suka berkeringat persis seperti bapaknya. Jadi dalam sehari bisa ganti baju beberapa kali.
  2.      Mainan bayi - Saya sudah coba kasih mainan ke anak anak walaupun kadang hanya digenggam, dilihat kemudian, dilupakan.. hahahaa.. tapi gpp kan, karena mainan bayi warnanya mencolok jadi latih penglihatan mereka juga.
  3.     Sudah mulai cari cari informasi untuk MPASI, dan niatnya akan saya pisahkan di post berbeda. 


GA WAJIB PUNYA / TERGANTUNG KEBUTUHAN 

1.      Gendongan
Tiap orang tua beda-beda, saya termasuk ibu yang ga suka pakai gendongan, mau gendongan apapun itu. Sehari-hari dirumah juga jarang digendong jadi ga terlalu membutuhkan. Kalau berkendara naik motor dan harus bawa krucil baru saya pakai gendongan dengan alasan keamanan.








2.      Baby Stroller
Bagi saya punya baby stroller ga harus langsung ada pas anak lahir, jadi ga usah dipaksakan. Harganya juga ga murah. Lebih baik uangnya buat beli yang dibutuhin aja. Baby stroller saya dapat dari kado teman kantor, yang alhamdulillahnya saya ga maksain beli dulu. Ternyata rezeki
3.      Car Seat.
ini wajib punya bagi yang punya mobil. Saya jarang membawa bayi duduk disamping kemudi. Jadi anak saya taruh di carseat. Sebenernya ini wajib punya bagi yang punya mobil saja sihh tapi kalau dirasa ga perlu yang ga usah. Tergantung kebutuhan.
4.      Baby Walker
Saya pakai ini, sebenarnya hadian dari kakeknya anak anak tapi ya dipakainya sebentar. Alasan keamanan , katanya ga bagus tapi saya ga terlalu perhatikan karena memang anak saya ga begitu suka duduk lama disitu.
5.      Ayunan Bayi, atau apalah nama kerennya saya ga tau.. hahaa
Sungguh saya ga pernah kepikiran beli ayunan bayi karena bagi saya itu Cuma hiasan semu semata, makanya saya taruh di daftar yang ga wajib bangeeettttsss buat dibeli.


Bagaimana?
Cukup banyak yah perlengkapan bayi baru lahir, jangan dibuat stress ya calon mommy, dicicil saja belinya, dibawa santai akan terasa lebih asik.
Belinya bisa setelah pulang kerja, mengisi akhir pekan bersama suami, atau pergi sama ibu dan mertua. Dibuat seruuu jangan terburu buru membeli semua.

Untuk kelengkapan ibu hamil dan menuju melahirkan akan saya post setelah ini.
Semoga bermanfaat dan menginspirasi. 


LOVE

-K-

Comments

Popular Posts