Berburu Gedung Pernikahan di Tangerang




Haloooooo.. Haloooo…

Setelah acara Lamaran dan pertunangan, artinyaaaaa….

PERSIAPAN PERNIKAHAN…


Dulu setiap ada temen saya yang mau nikah, saya suka lihat mereka sibuk cari-cari vendor. Dengerin curhat mereka tentang repotnya  nyari vendor, belum lagi mereka harus bandingin antara vendor satu dengan yang lain demi mencapai acara yang mereka inginkan..

Kadang saya sering ikut-ikutan cari melalui google tentang vendor-vendor pernikahan dan setelah dipikir-pikir, ngapain juga yahh iseng-iseng nyari vendor pernikahan, toh saya juga belum tau kapan akan menikah tapi untuk sekarang hal itu ternyata berguna banget untuk saya.. serius!

Berguna karena akhirnya saya punya  standart  sendiri untuk  menyusun acara pernikahan saya nanti… Intinya adalah punya keinginan dan mimpi sendiri kalau menikah nanti resepsinya mau pakai vendor ini, mau make up nya seperti ini, mau preweddingnya begini dan mau cateringnya pakai jasa ini itu.. hahaa.. pokonya banyak mau, yahh namanya juga wanita.

Saya percaya dan yakin bahwa setiap wanita punya keinginan dan mimpi mengenai  pesta pernikahan mereka nantinya, ya ga sihhhhh??


Dulu dan sekarang tetap sama, saya punya keinginan pesta pernikahan saya diadakan di gedung, biar ga repot dan ga capek. Kalau di gedung 2  jam selesai, tamu datang di jam yang sama dengan yang tertera di undangan karena tamu mengerti  kalau di gedung ada batas penyewaan waktunya. Sedangkan di rumah, tamu bisa datang kapan saja, sewaktu-waktu.. tohh tamu berfikir kalau dirumah lebih santai, pengantinnya ga akan kemana-mana. Kita sebagai tuan rumah ga mungkin dong ga menyambut tamu walau acara sudah selesai, tetap dan wajib kita sambut tamu walau udah jam 8 malam padahal acara sudah selesai sampai jam 5 sore :) 

Bersyukur karena Juni punya pemikiran yang sama dengan saya. Kalau ortu udah menyerahkan ke saya dan Juni, ortu memberikan kebebasan untuk kami karena prinsipnya ini pernikahan kami, jadi kami yang rencanakan, kami yang jadwalkan dan kami yang memilih mau pakai vendor  apa dan siapa. Alhamdulillah.

Akhirnya fix kami putuskan untuk sewa gedung tapi urusan ga selesai sampai disitu. Sewa gedung bukan hal yang mudah, masih banyak pertimbangan sebelum kami menyewa gedung. 

Mau sewa gedung dimana? Letak gedungnya strategis atau engga? Perbandingan harga sewa gedung A dengan B dan berapa orang yang akan kita undang? Tamu undangan berpengaruh banget karena kalau tamunya banyak otomatis kita harus sewa gedung yang luas..

Saya dan Juni tinggal di Tangerang, teman juga banyak berdomisili di Tangerang dan pastinya kami sewa gedung di daerah Tangerang. Sayangnya, belum banyak gedung di Tangerang yang bisa dipakai untuk pesta pernikahan. Ada yang letaknya strategis tapi gedungnya kecil atau sebaliknya, bisa juga di hotel tapi semua vendor ditetapkan dari pihak hotel, kalau mau pilih vendor sendiri ya harus bayar pajak lebih tinggi, big no no lahhhh buat kami. Beda dengan gedung-gedung di Jakarta, banyak pilihan dan harganya bersaing. 

Kami sempat survei beberapa gedung di Tangerang, salah satunya Balai Islamic Karawaci untuk first impression menurut saya gedungnya cukup oke, tampilan dalamnya bagus bahkan kami sempat test food disana. Balai Islamic Karawaci memberikan penawaran yang menggiurkan, harga sewa disana sudah sepaket dengan sewa Masjid Islamic jadi pagi bisa akad nikah di masjidnya dan siang langsung resepsi di  balai pertemuannya. Letaknya strategis dan dijamin tamu undangan ga akan nyasar karena dekat sekali dengan gerbang pintu tol Karawaci Tangerang. Sayang atap gedung nya rendah dan berada di lantai 2, jadi tamu yang datang harus naik tangga dulu untuk menuju balai pertemuan dan daerah islamic karawaci itu macetnya juara banget, sempat jadi pertimbangan gimana kalau nanti tamunya sepi atau datang telat karena kena macet apalagi konsep pernikahan yang kami mau diadakan malam hari.


Cari-cari lagi, kami juga survei ke Sport Centre Alam Sutera, nahhh… ini tempat paling ngehits untuk pesta pernikahan di Tangerang tapi sayang kami kurang sreg. Alasannya, tidak seperti umumnya gedung pernikahan karena yang pesta disini pasti akan dirancang menjadi pesta taman. Berbeda jauh sama konsep pernikahan yang kita mau. Pokoknya kami berdua kurang minat aja sama tempatnya, walau tempat startegis, bergengsi dan harga sewanya juga lebih lebih dari yang lain :p

Akhirnya pencarian gedung kami berlanjut ke Gedung MUI Tangerang, tempatnya cukup strategis, walau jauh dari pintu tol luar kota tapi masih bisa dijangkau karena letaknya persis diseberang Gedung Pemerintahan Kota Tangerang dan bersebelahan dengan Masjid Al-Azhom (Masjid dengan kubah terbesar di kota Tangerang). Sebelumnya, saya sempat meragukan Gedung MUI (Mahjelis Ulama Indonesia) karena bangunannya terlihat kecil dan saya juga belum pernah datang ke gedung ini, tapi ternyata saya salah. Gedung MUI ukuran dalam cukup luas dan plafon atapnya tinggi.

Foto diambil dari tengah gedung (Foto diambil antara lorong pintu masuk dan aula)

Survei dan foto kami ambil di awal bulan Juni dan memang lagi pas banget momentnya, kami datang gedung dalam keadaan kosong jadi kami puas lihat sisi gedung secara keseluruhan.


Sisi kiri dalam gedung (Foto diambil dari posisi masuk ke gedung)


Sisi kanan dalam gedung (Foto diambil dari posisi masuk ke gedung)


Saya berbalik arah dan mengambil foto pintu masuk untuk tamu undangan.


Sisi atas gedung sebelah kiri (Foto diambil dari posisi masuk ke gedung)

Sisi atas gedung sebelah kiri Foto diambil dari posisi masuk ke gedung)


My favorite, atap aula gedungnya tinggi, memberikan kesan luas.

Juni berfoto ditempat pelaminan biasa terpasang.


Setelah survei kemana-mana dan capek juga karena kebanyakkan survei akhirnya kami memutuskan untuk sewa gedung MUI sebagai tempat perayaan pesta pernikahan kami. Semoga gedung ini masih available di tanggal yang kami mau.. semogaaaaaaa.... karena pertimbangan dalam menyewa gedung itu selain tampilan gedung, letak gedung dan harga sewa... Tanggal yang diinginkan capeng (calon pengantin) kadang sudah di booking orang. Doakan rencana kami lancar. 

*Update :
Bagi calon pengantin yang berminat Over DP sewa Gedung MUI Tangerang sebagai tempat resepsi pernikahan bisa menghubungi saya. Saya bersedia over DP di tanggal 24 Mei 2015. Alasannya karena saya sudah menyewa gedung yang letaknya lebih dekat dengan rumah tinggal saya. 
Saya DP sewa Ged. MUI Tangerang pada bulan September 2014 sebesar Rp.1.000.000. Bila berminat, saya kasih harga Rp.500.000.  
Over DP sewa gedung ini hanya berlaku di tanggal yang sudah saya sewa yaitu, tgl. 24 Mei 2015 dan tidak bisa digantikan dengan tanggal lain. 
Harga sewa gedungnya berkisar  8 juta, fasilitas yang didapat listrik dan 80 bangku tamu. 
Mau tahu lebih lanjut mengenai Ged. MUI ? No contact person pengurus gedungnya? Catering untuk rekanan gedungnya? atau cuma mau tanya-tanya mengenai gedung tsb, bisa langsung datangi Gedung MUI nya yahhh :)

Update (21 Februari 2015) :
Over DP nya sudah tidak berlaku lagi, saya sudah menyerahkan ke calon pengantin lain. 


Sampai bertemu di post selanjutnya 
-K-

9 komentar:

  1. Halo Kindinia, salam kenal.
    Kamu jadinya dapat gak di gedung MUI Tangerang? Dapat tanggal berapa?
    Aku jg sudah ke MUI sudah full semua sampe lebaran tahun depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Sinta,
      Saya sudah dapat sewa di ged. MUI di bulan Mei 2015. Saya Dp gedungnya di awal september 2014 ;)

      Delete
  2. Hai nia, salam kenal, mau tau ney harga sewa di MUI brapa ya?

    Hai sinta, salam kenal, brarti sampe Juli 2015 full ya?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Hai sinta, salam kenal, sesuai info kamu, brarti sampai Juli 2015 full ya?
    Hai nia, salam kenal, mau tau dong harga sewa gedung nya saja di MUI brapa ya?catering nya boleh dari luar kah?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Resi, terakhir info dari pengurus gedung MUI biaya sewa sekitar 8 jt. kalau kamu berminat bisa over DP dgn saya. saya sudah booking tgl. 24 Mei 2015. kalau berminat bisa hubungi saya di kindinias@gmail.com atau kindi.candy@gmail.com

      Delete
  4. Halo Mba Nia, apakah over dp nya masih available?

    ReplyDelete
  5. Halo mba nia, apakah over dp nya masih available?

    ReplyDelete
  6. Hai resi, iya nih aku waktu kesana udah full tp alhamdulillah dapetnya bln september. Salam kenal jg yaa

    ReplyDelete
  7. Hai kindi, masih avaible tidak yaa untuk over DP nya? Maaf telat buka blognya lg :(
    Aku minat banget kindi. Mohon infonya yaa

    ReplyDelete

 

Blogger news

Blogroll