Bukan Hanya Sekedar Kosmetik


Hai Cantik..


Sudah sangat larut bahkan mau masuk subuh saya belum juga bisa tidur mungkin karena saya sudah tidur dari jam 7 malam sampai jam 11. Alhasil mata terang kaya lampu yang slogannya”terang terus” itu.

Kali ini isi post bukan mengenai review make up tapi mau curhat! Baru sadar jarang curhat di blog, yah karena saya merasa belum ada obrolan yang asik untuk dibagi sama Cantika.
Walaupun bukan curhat galau tentang pdkt-jatuh cinta-sayang-jadian dan kemudian putus seperti cerita anak SMA tapi curhat kali ini menurut saya bisalah dibagi dan ditanggapi bersama.

Masih tentang kosmetik koq, jadi (kira-kira) sebulan lalu saya lumayan intens berinteraksi dengan teman  melalui bbm *tenang, ini beneran bukan cerita cinta galau*. Suatu ketika saat saya bercerita mengenai hobi make up saya, dia (seorang cowo sebut saja namanya si “A”) mengomentari hobi saya seputar dunia kosmetik.
Masih ingat jelas ketika saya bercerita kepada si A, bahwa saya hobi make up sampai-sampai membuat blog agar dapat berbagi dan menambah ilmu mengenai dunia make up. Kemudian dia tanya apa yang saya dapat dari hasil ngeblog. Saya sempat merasa aneh, ketika saya bercerita bahwa make up adalah salah satu hobi saya seharusnya dia mengerti bahwa tak  ada “hitungan” untuk sebuah hobi. Tentu dari hobi yang dijalankan akan menimbulkan kepuasan dan rasa senang. Yaahhh, itulah HOBI = kesenangan atau kepuasan terhadap sesuatu! Seperti halnya orang yang tergila-gila pada satu klub bola dan membeli segala atribut yang berhubungan dengan klub tersebut.

Kemudian saat saya lanjut bercerita mengenai  alasan saya ngeblog, tiba-tiba si A berkomentar  
“Gue ga suka sama cewe yang suka dandan, kadang mukanya sering jauh beda sama aslinya. Suka cewe yang natural ajah apa adanya”

Seketika saya kaget dan tertawa kecil (lebih tepatnya tersenyum sinis). Ingin rasanya menjelaskan bahwa make up bukan hanya sekedar bedak atau lipstick dan yang memutihkan wajah atau memerahkan bibir dalam sekejap. Namun, saya terlalu malas untuk menjelaskan karena pasti berakhir debat kusir  dan saya coba mengerti bahwa itu adalah opininya terhadap wanita bermake up.

Saya berfikir, apa memang wajah saya sangat berbeda ketika berdandan tapi itu pikiran konyol karena dalam keseharian saya jarang berdandan apalagi bila di rumah memakai pelembab wajahpun jarang. Bertemu dengan pacar di rumahpun saya jarang berdandan kecuali menggunakan lipgloss agar bibir tidak terlihat kuyup (dekil/lemas). Saya juga bukan wanita yang ke warung harus dandan sampai pasang bulu mata palsu (pengibaratan) dan bahkan saya tidak cemas menunjukkan wajah saya tanpa make up kepada orang lain.

Lucu rasanya ketika mengingat percakapan itu karena menurut saya, kosmetik  bukan hanya sekedar pemanis untuk wajah tapi juga perawatan terhadap wajah seperti masker,  lulur, lotion tubuh. Di dalam kosmetikpun ada kandungan yang bermanfaat untuk si pemakai. Saya tidak bisa membayangkan saat Tangerang panas terik saya tidak menggunakan kosmetik sama sekali. Setidaknya saya gunakan sunblock + pelembab bibir. Galaknya sinar matahari jaman sekarang itu sudah ga bersahabat  sama kulit kita makanya butuh perlindungan dengan kosmetik.
Kosmetikpun luas, bukan hanya sekedar “lenongan” untuk wajah saja tapi lebih kearah “care about your self”. Sayangnya masih ada sebagian orang yang berfikir kosmetik itu barang mahal yang hanya dipakai untuk menyulap wajah jelek jadi cantik.

Bahkan ada sebagian orang yang berkomentar agak frontal, membandingkan wanita jaman Nabi (jaman sebelum masehi) yang tetap cantik tanpa kosmetik dengan wanita sekarang yang rata-rata selalu menggunakan kosmetik. Hellloooooooo, harusnya dia ikut kuliah kajian budaya atau psikologi sastra agar sadar bahwa jaman sudah berubah.

Melalui cerita ini saya ga bermaksud menjelek-jelekkan teman saya tersebut, beneran deh cuma aja rada ilfil *eh, becanda deh* . Saya hanya ingin bercerita dan menjelaskan pandangan saya terhadap kosmetik. Syukur-syukur  orangnya baca, jadi terbuka pandangannya terhadap kosmetik.
Walaupun dikomentarin begitu sama si A, saya tetap suka dengan kosmetik dan dunia dandan. Saya merasa semakin bersyukur karena keluarga dan orang-orang terdekat tahu dan tentunya mendukung kecintaan saya terhadap kosmetik :))


Sekian curhatnya subuh ini, saya ngantuk nih cantik.
Pernah merasakan seperti saya, silahkan keluarkan unek-uneknya dan tulis dikolom komentar.


-kindi-


16 komentar:

  1. ga usah di pikirin say kata cowok A, tentang suka cewek natural apa adanya. Udah terlalu sering dengar kata-kata begitu dr teman-teman cowok, tapi giliran liat yang cakep (dandan) masih aja tuh ngelirik dan bilang suka *gyaaaaaa. Bukannya seharusnya mereka bangga kalo punya cewek yg cakep, pinter ngerawat diri, dll, kan ga malu-maluin hehehe. Setuju jaman Nabi aja udah mengenal parfum, celak, dan henna. Aku juga suka dandan, tapi disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Ga perlu lebai-lebai amat dandannya, dandan seperlunya biar bikin wajah fresh dan agak enak dipandang :).Oh ya, pernah ada pakar kecantikan bilang, kalo dandan itu dilakukan oleh setiap orang, misalnya bangun tidur, trus mandi, sikat gigi, sisir rambut, pake minyak wangi...lha itu kan namanya dandan juga ya hehehe *waduh curcol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sempat kepikiran, apa aku yg lebay atau si A yang ga ngerti kosmetik tapi biarin ajh deh~
      ahahaaa, gpp curcol aku ajah curcol di atas.
      btw, aku baru tau kalau kalau kegiatan "trus mandi, sikat gigi, sisir rambut, pake minyak wangi.." adalah berdandan.
      soooo ga salah dong kalau memang kita gemar berdandan XD

      Delete
  2. aku jg prnh dgr komentar2 kayak gitu :D klo aku sih cuma pake makeup jg kalo pas acara penting2 aja, klo sehari2 cuma bedak an dan lip balm :p biarin aja deh org lain bisa punya pendapat beda2 :) cuek aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahhh aku juga kaya gtu.
      Dandan sesuai dengan kondisi yang ada.
      emang harus cuek dan jadi diri sendiri, biarkan orang berkata apa :))

      Delete
  3. udah kebel aku deger yg beginian kindi -__-

    cowok mah pencitraan doang, sama kayak mutiara, kalo liat yg cakep juga langsung lirik.

    hahaha, lagian yg enak ngeliat juga mereka kan kalo kita dandan. kan kita dandan juga liat-liat kaliii masa lenong dipake buat ngampus, yah paling nggak pake pelindung lah ya..


    gue juga sering dikomen "emang dapet apa dari ngeblog?"

    aduuuh, kalo gue emang suka ya ga dibayar juga gapapa deh. kadang mikir kok jadi orang shallow amat semua harus dibayar pake duit yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi aku jadi merasa beruntung karena selama ini (mantan) pacarku ga pernah komentar macam-macam kalau aku dandan. Dia ngertiin banget, bahkan sempat aku bilang ke dia kalau jadi ibu-ibu aku mau dandan tiap hari biar bisa tampil cantik di depan suami dan dia mengiyakan.
      Sayangnya udah jadi mantan sekarang *eh curhat lagi*

      emaaannnggggggg, ga ada hitungan untuk sebuah hobi! XDD

      Delete
  4. iaa yaa kin bener kata yg lainnya,,
    cowo maa bilang suka cewe yg natural",, tapi kalo cewenya dandan terpukau juga. bwahha,,

    cuma mereka ga suka kali yaa yg over, yg dimaksud mereka dandan tuh mekap yg menor banget. gtu kali ya!! pemahaman kita ttg dandan beda jauh ama pemahaman mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah Vi, makanya gue ngebacot sajahlah di blog.
      Percuma dijelasin sama orangnya. Kalau besok2 tuh orang komentarin lagi langsung gue suruh baca postingan ini.
      ahahahaa :D

      Delete
  5. Hahaha .. suka bingung yaa sama cowok2 suka blg suka cewek yang natural gak dandan blablabla .. padahal idola mereka artis2 gitu kan juga cantik make up LOL :D lagian cowok tuh makhluk visual .. apa2 dinilai lewat penglihatan mreka, jadi tetep aja mreka blg suka natural tapi kalo nemu yang lebih enak dipandang pasti milih yang enak dipandang, mnurutku g papa loo dandan yg penting ngerti tempat, kalo ke kampus eyeliner sunblock lipbalm bedak laah ..yg penting keliatan udah mandi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. temen gue suka snsd yg katanya natural dia ga tau ajah tuh artis korea banyak oplasnya. ahahaa
      kita juga sebagai pecinta make up tau diri dan ngerti tempat dong, pasti dandan sewajarnya ^^
      iyahh, yang perting kelihatan sudah mandi walaupun belum mandi *eh

      Delete
  6. bihihihik
    mantanku dulu juga bilang gitu... tapi kemarin aku liat pacarnya juga dandan kok, pake bedak dan lipen..
    terus dia ketemu aku dan bilang aku unyu (waktu itu aku dandan nude)
    sumpah, aku pengen ngetawain cowok yang ngeluarin fatwa kayak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ketawain bareng-bareng XD
      cuma mau tau ajah nanti temenku itu punya cewe kaya gmn, kalau ternyata dia jatuh cinta sama cewe yang ga bisa hidup tanpa bedak dan lipstik berarti dia kualat. Sekian~
      *ngakak*

      Delete
    2. mungkin dia gak bisa membedakan cewek yg dandan natural sama yg gak pake apa2. dikiranya cewek yg dandan natural itu gak pake make up..hihihi

      Delete
    3. Hai Lintang ^^
      Mungkin yah karena temanku itu laki2 jadi buta banget sama hal-hal kosmetik.
      Thanks sudah mampir :))

      Delete
  7. I love this post!
    aku setuju sama semua komen dari temen" diatas,, wkwkw
    make up kan tujuannya bukan "ngubah" tapi lebih mengeluarkan kecantikan alami yang udah kita punya,,

    it is art ya,,ya,,ya,, ^^

    new follower here,, please kindly follow me back if you don't mind ^^
    XOXO Kiky,,
    playfunwithbeautyandfood.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kiky...
      iyap setuju,, mengeluarkan kecantikkan yang ada dalam diri kita XD
      sayangnya masih ada yang belum sependepat.
      Nanti aku mampir ke blogmu :))

      Delete

 

Blogger news

Blogroll