KB Spiral Cover T


Haii Dear,,
Mau cerita apa? make up.. kayanya banyak banget yang mau diceritain. haha..
status saya sekarang ini ibu dari 2 anak, mungkin sebelum nikah lebih banyak cerita seputar diri sendiri. kalau sekarang? banyakkkk banget..
mulai dari cerita  anak yang masih balita,  suami, sampai rumah tangga.. mungkin urusan beli panci dengan potongan diskon 70% bakal saya ceritakan disini juga. 
Jadi, kali ini mau bahas KB (alat kontrasepsi)! 
Bulan juli saya putuskan untuk pasang alat KB. Pilihannya jatuh pada spiral cover T. 


Sumber : google

Sumber: google

Sebenarnya saya takut banget mau pasang, ngebayangin harus ke dokter, pasang langsung dengan posisi orang lahiran, kebayang nyeri pada saat pasangnya, khawatir perdarahan, kalau ga cocok harus balik lagi untuk lepas alat. Haduhhhh.. ngebayanginnya aja saya sudah ngilu. 
Tapiiiii...... karena pengalaman punya anak yang beda usia hanya 11 bulan (ga sampai 1 tahun) dan sepertinya belum mau nambah momongan lagi (dalam waktu dekat), ga mau pakai KB suntik/pil (khawatir alergi), lelah KB sendiri (karena masih rada waswas tiap bulan) serta diskusi yang panjang sama suami. 
Akhirnyaaaa.... Saya beranikan diri untuk pilih spiral cover T (alasannya, kontrasepsi jangka panjang, jarang ditemukan efek samping dan 99% berhasil). 
Mamaku  juga dulu pakai spiral cover T, sempat tanya sama mama gimana pengalaman beliau tapi ga cukup memuaskan rasa penasaran saya karena mama udah keburu lupa. hahaa... 
yang dia ingat pasangnya ga sakit, aman dan ga ada efek ke badan. 
okelah, saya cari tau di beberapa artikel dan pengalaman orang lain. Jawabannya beda beda. 
tapii yang saya tandain banget, harus pasang ketika haid sedang banyak karena kondisi rahim sedang turun. 
Saya datang ke rumah sakit tempat saya lahiran dan buat janji dengan dokter yang sama. Ga tau kenapa saya hanya ingin ditangani dengan dokter sama, mungkin kenyamanan dan kepercayaan yah (walau dokternya sudah sepuh). 
Sebelum pemasangan saya ditanya alasan kenapa pasang spiral cover T karena jangan waktu 5 tahun bukan hal yang sebentar untuk menunda kehamilan tapi karena alasan saya sangat logissssss.. punya anak dengan beda usia yang sangat dekat jadi ingin konsen merawat anak dulu. 
Saat tindakkan, saya sudah cemas, ga sampai keringet dingin tapi kakinya gemeterann.. hahhaa 
lepas celana, duduk di kursi dengan posisi litotomi (kaki menggantung di penopang khusus), udara tiba-tiba jadi dingin padahal hanya AC ruangan. hahahaa 
Dokter dengan santainya pakai sarung tangan karet, saya cuma bilang, saya takut dok.. 
dokter santai bilang  : "ibu kaya pengantin baru aja masih takut, sudah melahirkan berapa x bu" 
saya bilang : "dua dok". 
dokter : "normal? dimana? dengan siapa"
suster : ketawa kecil  sambil repot nyiapin alat cocor bebek dan spiralnya.
saya : "normal dok, disini sama dokter"
dokter : "usia anak ?"
Saya : "bla bla bla (saya ngoceh ceritain usia anak saya"
sampai akhirnya ....
dokter : " sudah ya bu,"
saya : "oke dok, saya sudah siap"
dokter : "sudah dipsang bu alatnya"
saya :  "hah, beneran dok?"
dokter : "ga boleh pasang dua, anjurannya hanya 1 alat" (dokter bicara sambil meledek saya)
kemudian saya sumringah, rasa ga pecaya, kok kayanya cepat banget, ga ada rasa nyeri. 
hahhaaaa... 

Sumber : google

Sampai selesai tindakkan, saya diberi info kalau spiral ini untuk jangka pakai 5 thn, setelah 5 tahun harus diganti lagi. 
saya harus kembali minggu depan untuk cek posisi dan potong benangnya, kemudian libur dulu untuk hubungan suami istri. 
yeahhhh... lega rasanya, walaupun masih harus balik lagi minggu depannya. 
Pendek cerita, minggu depan balik lagi, dapat tindakkan yang sama, tapiii agak ada rasa nyeri dikit api ga menggangu. 
beberapa hari saya ada flek, sempat kahawatir sih tapi coba jalanin dulu 1 bulan, kalau ternyata selalu flek saya pasti bakal balik lagi ke dokter. 
bulan depannya saya haid dan ternyata, saya haid lebih banyak dari biasanya, jangka waktunya bisa sampai 8 hari, selama haid perut saya terasa buncit dan sedikit ada rasa begah. 
tapi selama dijalani 3 bulan pemakaian, ga ada efek yang sampai menggangu. 
Nah, kalau efek ke suami gimana? suami bilang awal pemakaian seperti ada yang ganjal tapi setelah 1 bulan nyaman-nyaman saja.
Untuk biaya nya sendiri? saya ga bisa jabarkan satu per satu, karena terdiri dari beberapa rincian yahh.. 
ada biaya dokter, tindakkan, alat spiralnya dan obat. Kalau saya kena biaya kurang lebih 1,2 jt untuk kedatangan pertama dan kedatangan selanjutnya 500 rb an.

Comments

Popular Posts